Macam Macam Majas dan Contohnya

Rate this post

Pengertian Majas

Majas adalah gaya bahasa yang digunakan untuk memperindah karya sastra atau tulisan. Majas sering digunakan untuk memberikan kesan yang lebih menarik dan kreatif pada suatu kalimat. Ada berbagai macam jenis majas yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia.

Majas Simile

Majas simile adalah majas yang membandingkan dua hal yang berbeda dengan menggunakan kata-kata seperti “seperti” atau “bagai”. Contohnya, “Dia tegar seperti baja dalam menghadapi ujian hidup”.

Majas Metafora

Majas metafora adalah majas yang menggambarkan suatu hal dengan kata-kata yang sebenarnya tidak sesuai maknanya. Contohnya, “Dunia adalah panggung sandiwara”.

Majas Personifikasi

Majas personifikasi adalah majas yang memberikan sifat-sifat manusia pada benda mati atau hewan. Contohnya, “Pohon-pohon melambai-lambai menyambut kedatangan musim semi”.

Majas Hiperbola

Majas hiperbola adalah majas yang memberikan gambaran yang berlebihan untuk menambah kesan dramatis pada suatu kalimat. Contohnya, “Dia menangis sungguh-sungguh seperti hujan deras yang tak berhenti”.

Pos Terkait:  Oleh Oleh di Surabaya: Menemukan Kenikmatan Belanja di Kota Pahlawan

Majas Ironi

Majas ironi adalah majas yang menyampaikan suatu makna yang bertolak belakang dengan makna sebenarnya. Contohnya, “Dia pintar sekali, tapi bodoh dalam hal bersosialisasi”.

Majas Paralelisme

Majas paralelisme adalah majas yang mengulang struktur kalimat yang sama untuk memberikan efek ritmis pada kalimat. Contohnya, “Makan, minum, tidur, itulah kehidupan sehari-hari”.

Majas Pleonasme

Majas pleonasme adalah majas yang menggunakan kata-kata yang berlebihan atau tidak perlu. Contohnya, “Baju yang dikenakan oleh dia hari ini adalah baju yang baru dibelinya”.

Majas Sinisme

Majas sinisme adalah majas yang menyampaikan makna sindiran atau ejekan. Contohnya, “Terima kasih atas ‘bantuan’ yang sebenarnya hanya membuat masalah semakin rumit”.

Majas Eufemisme

Majas eufemisme adalah majas yang digunakan untuk menyampaikan suatu makna yang kasar atau kurang sopan dengan cara yang lebih halus. Contohnya, “Dia telah kepergian” untuk menggantikan kata meninggal.

Majas Elipsis

Majas elipsis adalah majas yang menghilangkan kata-kata yang seharusnya ada dalam kalimat untuk memberikan efek singkat dan padat. Contohnya, “Malam gelap. Bintang redup”.

Majas Antitesis

Majas antitesis adalah majas yang membandingkan dua hal yang bertolak belakang. Contohnya, “Dia kaya, tapi miskin akan kasih sayang”.

Majas Onomatope

Majas onomatope adalah majas yang menirukan suara atau bunyi dengan kata-kata. Contohnya, “Gemuruh petir menggema di langit”.

Majas Aliterasi

Majas aliterasi adalah majas yang menggunakan pengulangan bunyi konsonan di awal kata. Contohnya, “Senja semakin suram, sepi, sunyi”.

Pos Terkait:  Lupa Kata Sandi HP Samsung

Majas Asosiasi

Majas asosiasi adalah majas yang menghubungkan satu hal dengan hal lainnya untuk memberikan kesan yang lebih dalam. Contohnya, “Wajahnya bagai bunga yang mekar di pagi hari”.

Majas Kiasan

Majas kiasan adalah majas yang menggunakan kata-kata yang memiliki makna kiasan atau tidak sesuai dengan makna sebenarnya. Contohnya, “Hatinya beku seperti es yang tak pernah mencair”.

Majas Retorika

Majas retorika adalah majas yang digunakan untuk memberikan kesan persuasif pada suatu kalimat. Contohnya, “Tanya pada diri sendiri, apakah kita sudah berusaha semaksimal mungkin?”

Majas Antonomasia

Majas antonomasia adalah majas yang menggantikan nama seseorang atau sesuatu dengan julukan atau ciri khasnya. Contohnya, “Dia adalah sang juara hati”.

Majas Paradox

Majas paradox adalah majas yang mengandung pernyataan paradoks atau bertentangan dengan logika. Contohnya, “Hidup adalah mati yang sedang berjalan”.

Majas Pleisme

Majas pleisme adalah majas yang menggunakan kata-kata yang berlebihan atau tidak perlu. Contohnya, “Dia terlalu cantik, sampai-sampai tak ada yang mempercayainya”.

Majas Parodi

Majas parodi adalah majas yang meniru atau mengejek suatu karya sastra atau tokoh terkenal. Contohnya, “Parodi cerita Cinderella dengan tokoh utama yang bermulut kotor”.

Majas Allusi

Majas allusi adalah majas yang mengacu pada cerita atau tokoh terkenal untuk memberikan tambahan makna pada kalimat. Contohnya, “Dia adalah Romeo bagi Juliet dunia nyata”.

Majas Klimaks

Majas klimaks adalah majas yang mengurutkan kata-kata atau frasa dari yang terlemah ke yang terkuat. Contohnya, “Dia lelah, letih, hingga akhirnya tak mampu berdiri lagi”.

Pos Terkait:  Am dan Pm: Perbedaan dan Penggunaannya

Majas Akumulasi

Majas akumulasi adalah majas yang mengumpulkan kata-kata atau frasa yang memiliki makna yang sama untuk memberikan efek dramatis. Contohnya, “Dia menangis, meratap, hingga terjatuh tak berdaya”.

Majas Kekayu

Majas kekayu adalah majas yang menggunakan bahasa yang kaku atau formal untuk memberikan kesan yang lebih serius. Contohnya, “Peristiwa tersebut tidak bisa dielakkan dan harus segera diselesaikan”.

Majas Dikolon

Majas dikolon adalah majas yang mengulang struktur kalimat yang sama untuk memberikan efek ritmis pada kalimat. Contohnya, “Dia datang, dia melihat, dia menang”.

Majas Paradoks

Majas paradoks adalah majas yang mengandung pernyataan paradoks atau bertentangan dengan logika. Contohnya, “Hidup adalah mati yang sedang berjalan”.

Majas Antonomasia

Majas antonomasia adalah majas yang menggantikan nama seseorang atau sesuatu dengan julukan atau ciri khasnya. Contohnya, “Dia adalah sang juara hati”.

Majas Parodi

Majas parodi adalah majas yang meniru atau mengejek suatu karya sastra atau tokoh terkenal. Contohnya, “Parodi cerita Cinderella dengan tokoh utama yang bermulut kotor”.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa macam majas beserta contohnya dalam bahasa Indonesia. Penggunaan majas dapat memberikan kesan yang lebih menarik dan kreatif pada sebuah kalimat. Dengan memahami berbagai macam jenis majas, kita dapat lebih memperkaya penggunaan bahasa dalam karya tulis atau sastra.

Was this helpful?

0 / 0

Leave a Reply 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *